Faktor Manusia (Pengguna)
Tiga faktor utama sistem
komputer yaitu hardware, software, dan brainware.
Ketiga membagun IMK, aspek
manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan aspek teknis
dari sistem komputer saja. Namun bagaimana manusia menangkap data / informasi,
bagaimana memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang sebagai
sistem pemprosesan informasi
1.
Informasi / data ditangkap melalui sistem input – output
(indra)
2.
Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
3.
Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Kapasitas manusia dalam mengolah data / Iformasi memiliki
reaksi yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya, maka faktor inilah yang
harus diperhatikan dalam merancang interface.
Saluran Input dan Output
Indra yang berhubungan dengan
IMK adalah
1.
Indra Penglihatan
2.
Indra Pendengaran
3.
Indra Sentuhan
Faktor Indra Penglihatan
Beberapa hal yang mempengaruhi mata menangkap data /
informasi :
1. Luminas (Luminance)
2. Kontras
3. Kecerahan
4. Sudut dan Ketajaman
Penglihatan
5. Warna (Aspek : psikologi,
perceptual, kongnitif)
Faktor Indra Pendengaran
1.
Suara adalah salah satu elemen untuk penyebaran informasi
yang secara lengkap lewat proses pendengaran
2.
Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang
dimediasi oleh udara
3.
Batas pendeteksian suara oleh manusia : 20 Hertz sampai
dengan 20 kilo Hertz
Faktor Indra Sentuhan
1.
Kulit adalah indra yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk
mengenal lingkungan dari sentuhan
2.
Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output
3.
Feedbaek sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji dan
pengolah informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung
Memori Manusia
Digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi dan dapat di
sajikan dalam bentuk ingatan
Jenis / Fungsi Memori
1.
Tempat penyaringan (sensor)
2.
Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)
3.
Tempat memproses ingatan (memori jangka panjang)
Ket :
1. Iconic : Menerima
rangsangan penglihatan
2. Echonic : Menerima
rangsangan pendengaran
3. Haptic : Menerima
rangsangan sentuhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar